Empat kemungkinan bahan sel menurut studi DTI yaitu:
• Unitized stainless steel (unitized stainless steel)
• Tiga potong stainless steel (three-piece stainless steel)
• Amorphous karbon (amorphous carbon)
• Karbon-komposit polimer (carbon-polymer composite)
Tiga potong stainless steel sel banyak dipilih karena diperkirakan memiliki umur pemakaian jangka panjang.
3. Tipe Saluran Fuel Cell Stack
Aliran plate biasanya memiliki arus hubungan pada permukaan. Bentuk saluran mungkin berbeda pada anoda dan katoda. Arus pada arah elektroda mungkin juga berbeda dengan satu sama yang lain. Selain itu juga untuk aliran searah, aliran berlawanan arah dan juga pola aliran-aliran yang lain. Pemilihan dan optimasi yang bentuk bidang aliran dari dua kutub plate sangat mempengaruhi kinerja dari PEMFC, khususnya melalui pengolahan air dan distribusi gas ke elektroda.
Di samping itu pemilihan bentuk dasar, yang merekat dari saluran dan rangka stack dan juga di daerah antara saluran harus dipertimbangkan. Besarnya saluran akan mempengaruhi rangka stack efektifitas gas difusi dan pengaturan air khususnya pada katoda.
a. Saluran berbentuk berkelok-kelok
Gambar 6 The Serpentine Channel Geometry |
Salah satu jenis saluran yang sederhana banyak digunakan di prototipe sel dimana satu-satunya bentuk saluran yang berkelok-kelok (Gambar 6). Jenis saluran ini hanya ada satu jalan untuk aliran gas di saluran plate, dan banyak air yang terkumulasi dalam saluran itu sehingga dengan cepat didorong keluar dari dalam sel. Perlu diperhatikan bahwa, ketika gas masuk melalui saluran sel dari tumpukan yang terhubung dalam konfigurasi paralel ada beberapa jalur untuk aliran gas.
b. Saluran berbentuk konfigurasi paralel lurus dan berkelok-kelok
Gambar 7 The Parallel Channels Geometry |
Gambar 8 The Parallel Serpentine Channels Geometry |
c. Saluran berbentuk putus-putus
Gambar 9 The Discontinuous Channels Geometry |
d. Saluran berbentuk spiral
Gambar 10 Spiral Channel Geometry |
Saluran bentuk spiral (gambar 10) mengeluarkan air dari satu bentuk saluran yang mempunyai keuntungan yaitu saluran tersebut berisi air bersih dan kotor dalam gas katode yang berdampingan. Hal ini berpotensi untuk menghasilkan distribusi oksigen dan air yang banyak hanya dengan satu lintasan berkelok.
C. Aplikasi Fuel Cell Stack
Aplikasi Fuel Cell Stack biasanya digunakan pada kendaraan. Berikut contoh pemanfaatan Fuel Cell Stack pada kendaraan :
1. Nissan Motor
Nissan Motor Co., Ltd memperkenalkan generasi terbaru fuel cell stack produksi terakhir tahun 2011. Fuel cell stack tersebut ditujukan untuk digunakan oleh Fuel Cell Electric Vehicles (FCEV). Hadirnya teknologi terkini tersebut merupakan bagian dari pengembangan perusahaan untuk mewujudkan emisi nihil dari gas buang kendaraan.
Melalui perbaikan MEA (Membrane Electrode Assembly) dan pemisah jalur aliran, yang membentuk struktur dari fuel cell, Nissan secara signifikan meningkatkan kekuatan fuel cell stack sampai 2,5 kali lebih besar dibandingkan dengan model 2005 dan menjadikannya teknologi ini yang terbaik di dunia 2,5 kW per liter.
Gambar 11 Fuel Cell Stack PT Nissan Motor |
Mobil Honda FC Sport ini adalah mobil sport dari Honda yang menggunakan teknologi Hydrogen Fuel Cell yaitu menggunakan hidrogen sebagai bahan bakarnya. Mobil ini memiliki peforma tinggi sekaligus ramah lingkungan. Tidak ada emisi berbahaya yang muncul dari ujung knalpot mobil seperti ini.
Berbekal teknologi ini FC Sport menjadikan mobil dengan pusat gravitasi rendah, dengan kinerja motor listrik mumpuni dan emisi nol.
Gambar 12 Fuel Cell Stack pada Honda FC Sport |
Fuel-cell stack diletakkan di antara kursi belakang dan battery pack di bagian bawah tengah-tengah mobil. Motor listrik dekat gardan belakang. Dua tangki bahan bakar yang terlihat dari bagian atas letaknya diatas gardan belakang.
Daftar Pustaka
Dicks A., and Larminie J. Fuel Cell Systems Explained (2002) (second) (428)
http://www.ashieoktabiz.com
http://www.auto-carco.com
http://www.hmtkupnyogya.files.wordpress.com/desain-fuel-cell-stack.pdf
http://www.puslit.petra.ac.id/journals/mechanical/
http://www.scribd.com/Fuel-cell-2.pdf
Disusun oleh:
Astsari Abdul Majid (I0508028)
Dhani Prasetyo (I0508032)
Roihan Firdausi (I0508063)
Kiki Wijaya (I0508100)
testing OpenID...
BalasHapus